Kabar Terbaru Perkembangan Android Dari Tahun Ketahun

Kabar Terbaru Perkembangan Android Dari Tahun Ketahun ~ Kamu tahu Android? Pasti kebanyakan dari kalian masih mengnggap kalau android itu nama julukan untuk telephone pintar.

Padahal tidak demikian. Android merupakan sistem operasi [Operating System] berbasis Linux.

Dirancang untuk perangkat yang mampu menggerakkan sebuah layar, baik dengan cara disentuh, digeser, diketuk dan lain sebagainya.

Sehingga Android sendiri tidak diterapkan hanya pada telephone pintar atau smartphone saja, namun juga pada tablet, dan juga tv. untuk perangkat di mobil yang disebut dengan Android Auto, dan Jam tangan yang diberi nama Android Wear

Android sendiri awalnya dikembangan oleh perusahaan bernama Android, Inc. dan dibantu oleh Google dibidang finansialnya.

Kabar Terbaru Perkembangan Android Dari Tahun Ketahun


kemudian pada pertengahan tahun 2005, Google membeli Android tersebut.

Nah, seiring kemajuan android, ternyata dia mengalami berbagai mavam perkembangan yang mungkin kita sendiri tidak mengetahuinya, padahal kita sendiri pengguna samrtphone dengan OS andriod.

Maka di tulisan ini, Hape Gaya akan membagikan informasi tentang Perkembangan Android Dari Tahun Ketahun.


  • 5 November Tahun 2007, Android Beta


Seminggu kemudian, Google merilis Software Development Kit, tepatnya tanggal 12 November 2007


  • 23 September 2008, Android 1.0 [Android Astro]


Android versi pertama ini sebenarnya bernama Astro, namun karena ada persoalan trandemark, akhirnya hanya diberi versi 1.0 saja.

HTC Dream, merupakan ponsel pertama yang mencicipi OS Android Astro


  • 9 Februasti 2009, Android 1.1 Bender


Tidak jauh berbeda dengan Android versi 1.0. Android versi 1.1, awalnya akan diberinama Bender. Namun, karena alasan Hak Cipta, penyematan nama ini pun dibatalkan.

Versi ini awal kali dipasangkan di T-Mobile G1, yang diperuntukkan untuk memperbaiki android sebelumnya. 

Diantaranya memperbaiki Bugs, dan mengganti API, serta penambahan fitur baru


  • 30 April 2009, Android 1.5 Cupcake


Sistem Operasi yang digunakan pada Android versi ketiga ini berbasis pada kernel Linux 2.3.27, dan tentunya untuk memperbaiki dan menambah berbagai fitur baru pada android sebelumnya.

Yang paling terlihat adalah penambahan widget yang dapat diperbesar dan diperkecil sesuai keinginan pengguna.

Selain widget, juga terdapat fitur untuk menguload video secara langsung ke youtube, dan gambar ke Picasa

Sejak Android ketiga inipula, penamaan menggunakan makan pencuci mulut, atau biasanya dikenal dengan dessert.


  • 15 September 2009, Android 1.6 Donut


Versi berikutnya sudah tentu lebih hebat dibandingkan sebelumnya. Fitur searching dan penyempurnaan UI agar lebih user friendly disematkan pada android versi donut ini.

Selain itu, Android 1.6 Donut juga sudah bisa menggunaka teknologi CDMA/ EVDO, 802.1x, VPNs.

Dan masalah layarpun mengalami perkembangan, pasalnya Android Donut ini sudah support dengan resolusi WVGA. Keren untuk jamannya.


  • 9 Desember 2009, Android 2.0 / 2.2 Eclair


Perkembangan pada hardware dan Software sangat kentara pada android versi ini. Pembaharuan Google Maps 3.1.2, menjadi salah satu buktinya.

Selain Google Maps, ada pula perubahan UI dengan sistem browser terbaru, yang sudah didukung HTML5.

Penampilan baru daftar kontak, kamera beresolusi 3.2 Megapixel yang sudah mampu dioperasikan menggunkan flash dan Digital Zoom, serta fitur Boetooth 2.1, merupakan penyempurna dari Android versi 2.0 dan 2.1


  • 20 Mei 2010, Android 2.2 Froyo [Frozen Yoghurt]


Mendengar kata frozen, mungkin kita ingat dengan salah satu filem yang sempat booming pada pertengahan tahun 2015.

Namun, Frozen yang satu ini ini tentu bukan nama dari filem tersebut, tapi versi terbarunya.

Android pada versi Froyo ini terhitung istimewa saat itu, Selain sudah bisa mengoperasikan Adobe Flash Player versi 10.1.

Kecetapan opening dan closing Applikasinya dinilai menjadi nilai lebih. Terlebih ada tambahan SD Card yang banyak dibutuhkan oleh para penggunanya, untuk menyimpan berbagai macam file.

Papa perkembangannya, Android Froyo ini terus berkembang hingga versi 2.2.1, 2.2.3. Hal ini karena adanya persainga ketat dengan iOS, yang saat itu juga sedang mengembangkan sistem.\


  • 6 Desember 2010, Android 2.3 Gingerbread


Android versi ini terhitung sanat istimewa, karena hingga pertangahan tahun 2015, pengguna android versi 2.3 Gingerbread ini terhitung hingga 65%.

Apa keistimewaannya? Sepertinya pada versi ini terjadi perkembangan pesat, dibandingkan versi sebelumnya.

Penggunaan Near Field Communication atau disingkat dengan NFC, dinilai menjadi salah satu penyebab istimewanya.

Multitasking yang cepat, serta mendukung berbagai macam Aplikasi Game, ditambah support layar resolusi WXGA membuat Android versi ini banyak diminati.


  • 22 Februari 2011, Android Honeycomb


Operating System Android versi ini sebenarnya lebih difokuskan pada penggunaan tablet.
Dan Motorola Xoom, menjadi tablet pertama yang ditancapkan OS android ini.

  • 19 Oktober 2011, Android 4.0 Ice Cream Sandwidch [ICS]



Samsung Galaxy Nexus, merupakan ponsel pertama yang menggunakan Android ini. 
Sebenarnya tidak adak kelebihan yang mencolok pada versi ini, jika diperhatikan, hanya lebih mengembangkan beberapa fitur saja.
Android sebelumnya, secara otomatis dapat diupgrade pada versi ICS ini.


  • 9 Juli 2012, Android 4.1 Jelly Bean


Pengembangan fitur input keyboard, fitur new searching, bahkan New UI, serta searchig voice menjadi berbagai macam fasilitas terbaru yang ditawarkan Android versi 4.1 Jelly Bean ini.

Selain itu, terdapat pula fitur Google Now yang mampu memberikan informasi seputar waktu, cuaca, bahkan informasi lalu-lintas, menjadi daya tarik tersendiri.

Dan produk yang beruntung, karena telah mengoperasikan OS Android 4.1 Jelly Bean ini adalah Tablet merk Asus, yang disebut Google Nexus 7.


Android Jelly Bean ini mengalami beberapa perkembangan versi, mulai 4.2 yang rencananya akan dirilis resmi pada 29 Oktober 2012, disebuah acar di New York. Namun dibatalkan disebabkan adanya badai sandy.

Hingga pada akhirnya dapat dirilis pada 13 November 2012, dan yang pertama kali menggunakan versi ini adalah Nexus 4, produk smartphone milik LG.

Fitur-Fitur yang disediakan juga semakin ciamik dan Uwah, mulai dari phote sphere, KeyLock menggunakan ketikan, Kemampuan membuka kamera secara langsung, ataupun menggunakan widget dan lain sebagainya.

Sistem pengontrol daya, dan Notifikasi, serta dukungan Miracast [Tampilan Nierkabel], menambah kehebatan versi ini.

Penambahan ketukan tertentu untuk mode full pada kamera dan picture, dan penggeseran dua jari untuk zoom, menjadi daya tarik tersendiri.

Perbaikan time atau waktu, yang disempurnakan dengan stopwacth, word time dan penghitungan waktu mundur menambah kesan canggih pada android versi Jelly Bean ini.

Tidak lama kemudian muncul Android 4.2.1 masih Jelly Bean yang dirilis secara resmi pada tanggal 27 November 2012, dengan perbaikan bug pada People Application, serta terdapat tambahan Gamepad dan Joysticks Bluetooth, yang sudah support HID.

Masih Android versi Jelly Bean, tepatnya pada tanggal 11 Februari 2012,  diadakan peningkatan versi menjadi 4.2.2  dengan perbaikan bug pada sistem streaming audio Bloetooth.

Kesan canggih juga ditampilkan dengan adanya perbaikan notifikasi download, serta serta prediksi waktu selesai proses downloading.

Selain itu terdapat pula perbaikan USB debug, Peningkatan kinerja sistem operasi, dan penambahan nada baru pada saat proses charging dan ketika baterai lemah. 

Perkembangan Jalley Bean selanjutnya diluncukan secara resmi pada 24 Juli 2013 di San Francisco, dengan versi 4.3 dan disempurnakan pada 22 Agustus 2013

Sebenarnya android sebelum ini sudah bisa di upgrade secara berkala, dan hanphone pertama kali yang mengoperasikan versi ini adalah Nexus 7 generasi kedua.

Ada yang istimewa untuk Android Jelly Bean 4.3 ini, pasalnya ada fasilitas baru berupa Auo Complete, yang ditanamkan pada Dial Pad.

OpenGL ES 3.0, Bluetooth dengan sistem Audio Video Remote Control Profile atau [AVRCP] yang disempurnakan dengan Smart Ready, Pemindai Wifi dengan peningnkatan akurasi penentuan lokasi handset, Serta Virual Surround menjadi pelengkap dari versi ini.

  • 3 Desember 2013, Android versi 4.4 Kitkat


Awalnya android ini diberi nama Key Lime Pie, namun dikaenakan banyaknya masukan sebab banyak masyarakat yang kurang tahu dengan rasa dessert ini, akhirnya dirubah menjadi Kitkat.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi Jelly Bean, Android Kitkat lebih mengedepankan proyek pelangsingan internal ala google.

Pada 31 Oktober 2013, Google Nexus 5, menjadi yang pertamakali merasakan kecanggihan Kitkat.

Handphone yang disarankan-pun terbilang standart, yakni yang memiliki RAM diatas 512 MB.

Sebenarnya kapasitas minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan android ini adalah 340 MB, namun dengan ketentuan diatas, jika terdapat perangkat dengan RAM dibawah 512 MB, diharukan melaporkan diri sebagai RAM rendah.

  • 25 Juni 2014, Android 5.0 dan 5.1 Lollipop


Perkembangan Android pada masa ini banyak yang bilang sangat menonjol. Hal ini dapat dilihat dari  user interface, yang sudah dikembangkan dan didesign ulang, yang disebut dengan material design.

Hal istimewa lainnya, bisa dilihat pada sistem notifokasi yang dapat dijangkau melalui screen.

Disisi bagian dalam, Google juga membuat perubahan besar [ada platform yang digunakan. Mereka mengganti Dalvik, menjadi ART atau Android Runtime.

Dan yang menarik, Andorid Lollipop juga memiliki sistem canggih yang mampu mengoptimalkan daya baterai, yang disebut dengan Project Volta

  • 28 Mei 2015, Android Marshmallow


Marshmallow merupakan generasi android teranyar, yang memiliki fokus pada penambahan berbagai macam fitur baru serta pengembangan dan perbaikan pada inkremental.

Beruntung bagi tiga perangkat yang pertama kali menggunakan OS versi terbaru ini, yakni Nexus 5, Nexus 6 dan Nexus 9.

Sekma baru bernama Doze juga menjadi daya tarik lain, Sekma ini mampu mengurangi daya yang dioperasikan aplikasi pada baghround. Sehingga mampu menghemat daya baterai.

Selain Sekma Doze, terdapat pula sistem pindai sidik jari terbaru, yang dapat membuka dan menutu perangkat.


Prediksi Android Terbaru berikutnya :

Jika kita perhatikan, nama-nama android mulai dari Astro hingga yang terakhir Marhsmallow, membantuk Alpabhet sesuai dengan urutan abjat. Yaitu mulai dari A, B, C hingga M.

Sepertinya pemilihan nama makanan untuk cuci mulut menjadi prioritas bagi nama android pilihan google ini.

Nah, kemungkinan besar nama Android berikutnya juga akan menggunakan nama dengan awalan huruf N, untuk membentuk abjat yang berurut.

Kabar terbaru menyebutkan, India merupakan salah satu negara yang sudah membuat rekomendasi nama Android berikutnya, yang diambil dari sebuah makanan khas mereka yang bernama "Neyyappam".

Kue ini berbentuk bundar, dengan gundukan dibagian tengah layaknya pesawat uvo atau pritring terbang.

Di Indonesia, mungkin kue ini hampir sama dengan kue kucur. Kayak ini bentuknya :

Neyyappam Kue Khas India Untuk Nama Android Terbaru


Apakah kalian ingin mengajukan nama untuk android terbaru, dengan nama kue khas daerah kalian? silahkan saja kunjungi situs resminya di https://www.android.com/versions/name-n/

Demikian penjelasan dan informasi tentang Kabar Terbaru Perkembangan Android Dari Tahun KeTahun, berikutnya akan aku bagikan informasi tentang bluetooth.

Apakah kalian tahu, apa sih definisi bluetooth itu? dan bagaimana sejarahnya? simak ulasan lengklapnya pada tulisan berikut ini : Definisi Bluetooth dan Sejarah Perkembangan Versi dan Penemunya. 


EmoticonEmoticon