5 Tips Terbaru Menghemat Baterai Hp Android

Tips Terbaru Menghemat Baterai Hp Android ~ Sobat memiliki masalah dengan kekuatan baterai smartphone anda? Kayaknya kamu tidak sendirian deh.

Banyak yang mengeluh, dengan persoalan baterai pada hanphonenya, terutama bagi para pengguna ponsel pintar, bukan hape tat tit tut.

5 Tips Terbaru Mengehmat Baterai Hp Android
5 Tips Terbaru Mengehmat Baterai Hp Android
Sumber Foto By Pexels


Disisi lain, kalian mungkin pernah juga melakukan hal-hal yang kamu "anggap" bisa mengurangi penggunaan daya, Contoh menghapus Recent Apllikasi. Eiit apa itu?

Recent Aplikasi semacam sebuah list daftar aplikasi yang pernah dibuka oleh penggunanya. 

Biasanya, setiap ponsel pintar memiliki tombol khusus untuk membuka aplikasi yang sempat ditutup itu.

Aku beri contoh nih, untuk handphone Xiaomi Redmi Note 2, Recent Aplikasinya cukup dengan menekan tombol pada bagian paling bawah sebelah kiri.

Terbuka semua aplikasi yang pernah saya buka, baik sudah ditutup maupun masih terbuka. 

Dan sebelah bawahnya terdapat tanda X, yang artinya jika kamu tekan, maka semua list aplikasi tersebut akan kehapus.

Fungsinya, adalah mempermudah pengguna untuk langsung masuk pada aplikasi yang pernah dibuka dengan cepat, tanpa harus melakukan booting pada aplikasi tersebut.

Nah, itu yang dinamakan proses penghapusan Recent Aplikasi. Kalian biasa lakukan itu? jujur aku sendiri sering, dengan anggapan jika aku hapus recent Aplikasi itu, bisa menghemat daya baterai.

Karena aku senidiri menganggap, list aplikasi yang terdapat pada recent Applikasi tersebut masih hidup, dan memakan daya baterai.

Apakah benar anggapan seperti itu? Langsung saja deh aku bahas.

5 Tips Menghemat Betrasi Hp Android


1. Jangan Hapus Recent Aplikasi

Ternyata menghapus recent Aplikasi tidak membuat baterai jadi hemat, namun sebaliknya, justru baterai akan berkurang. Kenapa?

Karena proses penghapusan itu sendiri menuntut prosesor untuk bekerja, dan apalagi ketika aplikasinya kembali dibuka setelah dihapus. Maka dibutuhkan daya baterai lebih banyak lagi.

Maka saran saya, biarkan saja list aplikasi itu apa adanya, tidak perlu dihapus. kecuali alasan tertentu, misalnya biar tidak ketahuan istri hehehe.

2. Batasi Penggunaan Data Internet

Penggunaan data internet diyakini menjadi penyebab baterai android menjadi boros, meskipun penggunanya membiarkan handphonenya diam.

Aku sendiri masih kurang percaya sih dengan keterangan ini, namun seperti yang dilansir kompas, penggunaan data yang berlebihan akan membuat mesin handphone bekerja lebih keras, dan pastinya membutuhkan lebih banyak daya baterai.

Bagaimana cara penggunaan data? 

Untuk membatasi penggunaan data internet, setiap smartphone pasti memiliki settingannya tersendiri.

Sebagai salah satu contoh, bagi pengguna Android Gngerbread, bisa langsung ke pengaturan / setting > klik data usage > centang penggunaan data.

Disitu biasanya ada dua garis, yang pertama berwana kuning, sebagai peringatan, dan yang kedua paling atas berwarna merah, sebagai tanda bahwa penggunaan data dihentikan.

Jika bingung dengan cara diatas, coba dengan menggunakan salah satu aplikasi, namanya Traffice Monitor & 3G 4G Speed.

Bagaimana caranya? cukup mudah, Install saja aplikasi itu, dan lakukan sesuai petunjuk. Misalnya, kalian bisa mengatur dari awal, setingan data dari sisi waktu, bisa harian, mingguan.

Selanjutnya, pembatasan penggunaan data, misalnya perhari 500 MB atau 500 GB. banyak amet yak? hehe.

Nah setelah selesai semua diseting, kalian akan mendapatkan peringatan jika penggunaan diluar batas yang sudah ditentukan tadi. mudah kan? gitu aja kok repot.

Salah satu cara lain untuk membatasi penggunaan data, yakni dengan mengatur notifikasi dari berbagai aplikasi khususnya media sosial, atau aplikasi chating. Caranya?

Mudah, kalian masuk saja kepengaturan, lanjut klik notification, kemudian klik manage notification. 

Manage Notifikasi Android


Disitu kalian akan mendapati berbagai macam aplikasi yang memiliki notifikasi. Silahkan diatur sendiri, mana yang dizinkan ada pemberitahuan pesan dan mana yang tidak.

3. Hapus Aplikasi Facebook

Kamu ingin baterai hemat atau ingin facebook-an saja? kayaknya kalau disuruh pilih, kita mesti milih kedua-duanya.

Tapi yang perlu kalian ketahui, dari sumber yang sama, bahwa aplikasi facebook ternyata termasuk aplikasi penggunaan daya paling besar.

Bahkan diyakini aplikasi ini membuat aplikasi lain juga ikut-ikutan boros daya. Lah, terus saya harus buka pakai apa?

Kalian bisa pilih berbagai macam aplikasi yang memungkinkan membuka facebook, misalnya melalui chrome dan lain sebagainya.

Ingin bukti? silahkan lihat gambar dibawah ini :

Aplikasi Facebook Boros Daya Baterai

4. Kurangi Pengunaan Aplikasi Berlebihan

Prinsipnya, melakukan aktifitas pada handphone, baik menghidupkan, menggunakan aplikasi, kesemuanya, bahkan untuk mematikannya, membutuhkan sebuah daya.

Jika aplikasinya terhitung berat, misalnya sebuah game gede, akan memaksa mesin ponsel kalian untuk bekerja lebih keras.

Dan bekerja lebih keras tentu membutuhkan daya baterai, betul kan? itulah sebabnya, gunakan handphone untuk hal-hal yang memang dibutuhkan.

aku sendiri, tidak menggunakan handphone untuk game, tapi lebih kepada komunikasi dan mencari informasi, tidak lebih.

5. Atur Kecerahan

Kecerahan juga sangat mempengaruhi daya betrai, jika ingin hemat, gunakan kecerahannya seminimal mungkin.

Jika kalian kebetulan berada di suasana gelap [malam, misalnya], maka cukuplah menggunakan ecerahan sekitar 10- 15 pesen saja.

Atau cara paling simple, gunakan setingan otomatis yang ada pada handphone kalian. Kayak ini nih gambarnya.

Setting Kecerahan Layar atau Display


Begitulah 5 Tips Terbaru Mengehmat Baterai Hp Android yang bisa aku share saat ini, jika sobat punya pengalaman dan ilmu lain, tidak salahnya ikut berbagi. terimakasih kunjungannya. 


EmoticonEmoticon