6 Hal Ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Memilih Smarthphone

6 Hal Ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Memilih Smarthphone ~ Selamat pagi guys, Ini merupakan tulisan pertama dari Hape Gaya. 

Ya anda beruntung membaca tulian pertama ini, karena anda akan kami beritahu tentang 6 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Memilih Smartphone.

6 Hal Ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Memilih Smarthphone


Tau smartphone kan? anda punya? kayaknya kalau jaman elektronik sudah menjadi semacam gaya hidup bro. Tak punya handphone? ndak gaul. 

Tapi apakah hanya untuk gaul dan katrok aja? ya gak guys.

Ingat nih :

"Mahir di dunia informatika, anda bisa menguasai Dunia"

Nah lho, emang gimana cara menguasai Dunia lewat smartphone? Tentu anda harus menguasai dibidang elektronika plus kongkalikongnya.

Ironis banget, banyak diantara kita menggunakan media canggih yang satu ini, biasanya hanya dibuat gaya-gaya-an, tidak lebih dan tidak kurang. (Parahnya, hape gaya, eh pulsa ompong melompong, kebayang gak?)

Jangan anda kira tulisan ini tidak penting, pasalnya banyak yang suka ngoleksi smartphone, sampe bingung mau makek yang mana. Padahal, cukup dengan satu aja gadget hampir segala kebutuhan bisa terpenuhi.

Eit, tunggu dulu. Emang semua bisa dilakuin dengan 1 gadget? maksudnya 1 gadget udah cukup ketimbang banyak gadget.

So, langsung aja, sebelum sahabat membeli smartphone mending sobat perhatikan lima hal berikut ini deh, biar ndak kecewa dikemudian hari :

1. RAM [Random Accsess Memory]

Merupakan sebuah alat penyimpanan yang aksessnya tidak berurut atau menggunakan sistem acak. Pemahaman mudahnya seperti ini, jika kita menghidupkan perangkat, semisal handphone, maka secara otomatis terdapat perminataan pembuka, dengan menggunakan fasilitas RAM ini.

Oleh karena itu, semakin besar daya tampung RAM, maka semakin cepat pula kinerja handphone tersebut untuk trun on.

2. Memory

Memory biasanya diartikan sebagai ingatan, namun kaitannya dengan handphone, memory merupakan tempat penyimpanan data.

Dari segi penempatan, memory memiliki dua macam, yaitu internal dan eksternal.

a. Memory Internal

Merupakan media tampung handphone untuk melaksanakan perintah, yang selanjutnya dikirim keprosessor.

Mudahnya begini, misalnya anda sedang menyalakan handphone atau smartphone, maka secara otomatis anda sedang mengirimkan perintah pada RAM, untuk selanjutnya dialurkan pada prosessor, sehingga akan mengikuti apa yang anda inginkan.

Jangkauan memory internal ini terbatas pada OS, Windows atau aplikasi yang sudah tertanam pada handphone.

b. Memory Eksternal

Memory eksternal, merupakan tempat penyimpanan data, yang juga menyimpan perintah yang selanjutnya diteruskan pada prosessor, namun sifatnya tidak tertanam pada handphone.

Memory internal ini biasanya memiliki kapasitas lebih banyak daripada memory internal, karena biasanya lebih banyak difungsikan menampung file dan aplikasi.

3. Kamera Depan dan Belakang

Kamera juga harus perhatikan ketika memilih Handphone, kenapa? karena sekarang jamannya selfie. alias foto diri sendiri hehe.

Biasanya kalau di handphone itu ada kamera depan, dan kamera belakang. Untuk yang belakang biasanya digunakan foto biasa.

Nah yang suka selfie, biasanya menggunakan kamera depan. atau second camera.

Aku yakin para perusahaan Smarthphone sudah paham betul konsumennya suka selfie atau videocall-an.

Makanya, rata-rata camera bagian dengan ini relatif lebih kecil ketimbang di belakang. Kenapa? ya pasti para perushaan itu udah memperkirakan dengan baik, kalau mau camera depan yang bagus, tentu beli produk yang lebih bagus. gitu kan?

4. Layanan Jaringan

Pernah dengar kayak gini kan? "Jaringan Kami Menjangkau Seluruh Indonesia", kamu percaya? jujur kalau aku sih gak percaya 100%.

Indonesia ini luas, dan masih banyak pelosok-pelosok di nusantara ini yang masih belum kebagian seluruh jaringan telphone selluler.

Jika aku petakan, setidaknya ada dua jalur layanan jaringan. Yakni GSM dan CDMA.

Apa itu GSM? GSM singkatan dari Global System For Mobile. Dia salah satu jenis jaringan komunikasi, dengan cara mengirimkan data sesuai dengan waktu.

Selanjutnya, proses tersebut dengan cepat akan membentuk waktu atau diistilahkan dengan SlotTime.

Sementara Time Division Multiple Access atau disingkat dengan TDMA, merupakan metode pengiriman yang digunakan oleh GSM. Dan jika telah digunakan oleh seseorang, maka yang lain tidak dapat mengaksesnya.

Kemudian apa itu CDMA? Singkatan dari Code Division Multiple Access, tidak jauh berbeda dengan GSM, CDMA ini juga merupakan salah satu cara komunikasi yang mengirimkan data dalam bentuk kode yang unik, dan sekaligus mengatur paket data yang dikirimnya.

Jika digambarkan, Pengguna CDMA ini layaknya para penumpang dalam sebuah bus, setiap penumpang memiliki kode atau tiket tersendiri yang berbeda dengan yang lain.

Ketika salah satu diantara mereka ingin berkomunikasi, maka akan ada kode yang terhubung, dan mereka bebas untuk berkomunikasi.

5. Wifi

Saat ini istilah WiFi sudah tidak asing lagi, tidak seperti 5 tahun yang lalu. Tapi aku yakin masyarakat memahami wifi hanya buat internetan. betul kan?

Nah, WiFi sendiri sebenarnya adalah media untuk mengantarkan data, dan hebatnya pengiriman data itu biasanya tidak menggunaka kabel atau nirkable, alias menggunakan gelombang radio, pada frekuwensi tertentu.

Gambangnya, kalau ingin mengirmkan data pada sebuah perangkat, kita bisa menggunakan WiFi ini.

Adapun jangkaunnya berbeda-beda. Biasanya ada yang sampai 20 meter, tergantung pada perangkat yang menyebarkan gelombang itu.

Kenapa pemilihan WiFi itu penting? karena tidak semua smartphone memiliki kualitas jangkauan yang baik.

6. Ukuran

Kenapa ukuran juga penting diperhatikan sob? Pengguna smartphone mana sih yang gak mau tampil keren?

Coba bayngin kalau kita punya kantong yang pas-pasan, eh malah beli tablet ukuran 7", lucu gak? mungkin kayak foto dibawah ini deh.

So, pilihlah ukuran yang sesuai dengan keinginan kamu, tapi ingat juga penampilan kamu, keren ataukah malah jadi kere. hehe.

Saran aku, cukup satu, sesuaikan dengan tempat penyimpanannya, misalnya biasanya dutaruh disaku, kan? ya sesuaikan dengan ukuran sakumu.

Smartphone tidak muat di saku
Smartphone tidak muat di saku


Paling gede yang ukuran 5" atau lebih sedikit. itu sudah pas. tapi juga jangan terlalu kecil, nanti malah sulit mencetnya. betul gak?

Ok itu aja sob informasi kali ini, semoga bisa menjadi inspirasi kalian. Kedepan aku akan bagikan lanjutan tulisan ini. Penasaran? makanya ikuti tulisanku ya


EmoticonEmoticon